“Maaf” Ringan di Bibir


โ€œAku pantas kau cerca karena noda hitam besar yang sudah ku tumpahkan kedalam kanvas hidupku,hidup kita. Ketika aku hanya ingat dan mendekat kepada syaitan yang membisikan dan mengarahkan kedua tangan dan kaki ku kedalam jurang maksiat, Maafโ€.

Kata maaf hanyalah 4 huruf yang terasa ringan di bibir dan berat di hati, kata maaf bertautan langsung dengan hati dan jiwa kita. Kata maaf yang terucap dibibir tanpa adanya hati dan rasa penyesalan didalamnya sangat mudah kita temui, bahkan mungkin kita juga sering melakukannya.

Maaf dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti pembebasan seseorang dari hukuman karena suatu kesalahan atau mengungkapkan permintaan izin untuk melakukan sesuatu. Ketika seseorang dimaafkan maka catatan buruknya pun akan dihilangkan / diputihkan.

Kalau ada kesalahan dan kedurhakaan yang harus lebih dulu kita mintakan maaf adalah kesalahan dan kedurhakaan kepada Allah Sang Pemberi Hidup dan Mati. Kezhaliman yang paling besar yang dapat dilakukan manusia adalah menyekutukan Allah / syirik baik yang kita lakukan secara sadar atau pun tidak sadar.

Bahkan kita sering memarahi anak kecil yang belum bisa bicara karena dia memberantakan isi rumah dengan mainannya, tapi anak itu memiliki hak untuk tidak dimaki-maki bahkan dimarahi oleh orang lain yang lebih dewasa darinya. Ketika kita memiliki keponakan kecil ataupun kita memiliki anak kecil dirumah yang sering membuat kita jengkel kadang kita menjadi khilaf dan marah-marah itu artinya kita mengabaikan atau melanggar hak anak itu, meminta maaflah kepada anak itu dan kepada Allah.

Ketika kita melakukan perbuatan dosa maka kita harus bertobat kepada Allah dan Rasulullah , memohon ampunanNya berjanji dan berikhtiar untuk tidak melakukan hal yang menjerumuskan kita kedalam dosa lagi. Mengapa kita harus memaafkan? Karena memaafkan adalah amalan shalih yang sangat besar keutamaannya dan dianjurkan dalam islam.

โ€Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan perbuatan baik serta berpisalah dari orang-orang yang bodohโ€ [QS Al-Aโ€™raf :199].

Dan diayat lain dijelaskan : โ€œMaka disebabkan rahmat dari Allah lah, kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan ituโ€ [QS Ali Imran :159].

Image

Sifat ini termasuk ciri hamba Allah yang bertaqwa kepadaNya sepertinya yang dijelakan dalam ayat ini โ€œOrang yang bertaqwa adalah mereka yang menafkankan hartanya baik di waktu lapang maupun di waktu sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta mudah memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikanโ€ [QS Ali Imran :134].

Rasulullah mengajarkan kita untuk memperbanyak doa ini ketika bulan Ramadhan โ€œAku bersaksi tiada apa pun yang layak disembah selain Allah, aku memohon ampun kepada Allah, aku memohon kepadaMu ridhaMu dan surgaMu dan aku berlindung kepadaMu dari kemurkaanMu dan nerakaMu. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mulia. Engaku suka memaafkan maka maafkanlah aku wahai Allah yang Mahamuliaโ€ [HR At-Tirmidzi].

Kita sering mendengar kata โ€œMaaf maaf enak aja minta maaf gampang kamu bilang maaf โ€œ ataupun โ€œDia berbuat salah berkali-kali apa harus saya maafkan?โ€.Apa kita pernah berfikir berapa banyak kesalahan yang sudah kita lakukan kepada Allah? Sudah berapa kali kita lalai dalam menjalankan tugas dariNya? Dan apakah Allah pernah berkata โ€œAku sudah lelah memaafkan muโ€?? .

Allah itu Maha Memaafkan Dia suka sekali orang-orang yang bertaubat meminta maaf kepadaNya, kita ini hanyalah mahlukNya yang tidak memiliki apa-apa dan jika kita merasa lelah memaafkan kesalahan orang lain, betapa sombongnya kita Allah saja yang memiliki seisi alam ini pun selalu memaafkan kesalahan kita yang sudah tidak terhitung banyaknya.

Allah Al-โ€˜Afuw adalah zat yang maha menghapuskan dosa-dosa dan memaafkan perbuatan-perbuatan maksiat [Fiqhul asmaa-il husna hal.142]. dan dijelaskan dalam ayat โ€œSesungguhnya Allah benar-benar Mahapemaaf lagi Mahapengampunโ€ [QS Al-Hajj :60]. Sifat memaafkan dan mengampuni adalah sifat-sifat yang tetap dan terus menerus ada pada zat Allah yang Mahamulia. Dan pengangaruh baik dalam sifat ini senantiasa meliputi mahlukNya di siang dan malam. Karena sifat memaafkan dan mengampuni yang dimiliki Allah meliputi semua mahluk, dosa dan perbuatan maksiat.

Dan ingatlah โ€œSesungguhnya perbuatan baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan burukโ€ [QS Hud : 114], Sebagai mahluk yang banyak berbuat dosa dan tidak lepas dari kesalahan baik disengaja atau pun tidak, memaafkan orang lain yang sudah berbuat tidak baik pada kita akan mengahapuskan dosa-dosa kita sebelumnya, Allah pun menyukai orang-orang yang bertaubat dan meyadari kesalahannya โ€œDan sesungguhnya Aku benar-benar Mahapengampun bagi orang yang bertaubat,beriman,beramal shalih kemudian tetap dijalan yang benarโ€ [QS Thaahaa :82].

Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang pemaaf dan selalu dimaafkan oleh Allah SWT berada dalam lindunganNya , selalu dituntun dijalan yang lurus dan dijauhkan dari perbuatan yang akan membuat dosa kecil maupun dosa besar.

 

10 Comments Add yours

  1. a girl with the veil says:

    Amin .. ๐Ÿ™‚
    pencerahan bangte ini postnya. makasih! ๐Ÿ™‚

    Like

    1. honeybling27 says:

      Terima Kasih banyak ^_^

      Like

      1. a girl with the veil says:

        sama sama ^^

        Like

      2. a girl with the veil says:

        btw kak, boleh nanya sesuatu tentang blognya nggak? ๐Ÿ˜ฎ

        Like

      3. honeybling27 says:

        boleh, mau tanya apa ? ๐Ÿ™‚

        Like

      4. a girl with the veil says:

        hehe, sorry for the inconvenience.
        cara bkin sub menu misalnya menu wedding, trus subnya RSCP bride, or pastry, gitu gmn kak?

        Like

      5. honeybling27 says:

        oh…sebenarnya RSVP,Bride dan pastry itu adalah category yang saya buat jadi sub category, di seting menu itu saya tinggal drag and drop saja category mana yang mau jadikan sub category,jadi tampilannya seperti sekaran ๐Ÿ™‚ ngerti gak? hehe

        Like

      6. a girl with the veil says:

        ooh bisa sih di sub category, tapi ngga bisa kayak gitu tampilannya ..

        Like

      7. a girl with the veil says:

        ngga jadi, udah paham kak sekarang. makasih banget ya ^_^

        Like

      8. honeybling27 says:

        udah bisa? sama-sama ๐Ÿ™‚

        Like

Leave a comment