Fakta Kebaya


Siapa yang tidak mengenal Kebaya?

kalo anda belum kenal maka saya akan menjelaskannya 🙂

Kebaya adalah Pakaian Trasional untuk wanita di kawasan Asia Tenggara, Kebaya tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga di Malaysia dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara.

Kebaya adalah pakaian keatasan yang di padu-padankan dengan kebawahan rok yang terbuat dari songket / batik / bahan lainnya.

Asal muasal dari kebaya itu adalah dari negeri Arab, dari kata “Abaya” yang dibawa ke Indonesia (Nusantara) pada ratusan tahun yang lalu, pada abad 16 kebaya ini hanya diperuntukan untuk para keluarga kerajaan dan para wanita-wanita eropa di Indonesia.

Kebaya pada abad ke 16 hanya menggunakan kain mori yaitu kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kain batik. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan. Kain yang belum diputihkan disebut juga kain belacu.

Setelah mengalami banyak perubahan mulai dari bahan yang digunakan, warna, model, dan aksesoris lainnya pada jaman ini Kebaya digunakan sebagai Pakaian Pernikahan, Wisuda, acara ke Gereja, dan juga banyak yang menggunakannya di pesta-pesta tertentu.

untuk Kebaya Pernikahan umumnya menggunakan warna putih pada saat akad, dan akan berganti dengan warna yang lebih bervariasi saat Pesta Resepsi Pernikahan, mulai dari warna merah sampai warna Gold yang mewah.

Umumnya pada saat akad pernikahan model kebaya yang digunakan sangat sederhana karena pada saat akad biasanya dilangsungkan di Mesjid / Gereja. Selain itu makna kesederhaan tersebut menunjukan kesucian dan rasa terima kasih kepada sang pencipta atas karunianya.

Di Indonesia saya sangat terinspirasi dengan Kebaya dari Ibu Anne Avantie dalam websitenya http://www.anneavantie.com/ beliau mempunyai bakat luar biasa dalam melestarikan kebaya, banyak sekali modifikasi yang dia ciptakan.

Selain Ibu Anne Avantie yang sangat menginspirasi saya adalah Ibu saya sendiri, Beliau menciptakan Kebaya dengan unsur Elegant Urban,sedikit teknik berbeda yang saya sendiri  tidak bisa mengikutinya.berikut adalah contoh kebaya yang dibuat oleh ibu saya tercinta 😀 Gambar

Selain itu ada beberapa koleksi lainnya..dan nanti akan saya buatkan Galeri 😀

Jujur saja saya pernah membuat Kebaya saat sekolah dulu, Kebaya Classic dengan model yang sederhana dan kebawahan Rok Duyung dari bahan batik tapi sayangnya Kebaya itu sudah tidak muat lagi sekarang 😦 maklum badanku melar hehehehe….

Kebaya Favorite saya adalah Kebaya Sunda Klasik kenapa?? kok klasik? ga modern?

karena saya menyukai yang simple tidak terlalu banyak variasi dan juga tidak berat di badan, hanya dengan kebaya putih bermodel sederhana dengan payet yang tidak banyak dan kebawahan rok batik itu sudah membuat saya terlihat menawan (PeDe) 😀

Advertisements

One thought on “Fakta Kebaya

  1. Mbak.. aku naksir banget kebaya ini.. boleh tau gak kalau jait seperti ini berapa budget nya? sama boleh tau gak ibu nya mbak namanya siapa? (in case nanti mau jait sama beliau). makasih banyak yah Mbak.. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s