Tips Menghemat biaya Pernikahan


Kenapa sih saya selalu bahas mengenai penghematan biaya pernikahan?

hum….itu dikarenakan saya adalah orang yang ekonomis dan perhitungan ๐Ÿ˜€

kali ini saya akan bahas tips-tips bagaimana anda bisa menghemat biaya pernikahan anda, tapi tetep elegant dan menarik juga mempesona…ayo deh bahas pembukaannya dulu.

di Indonesia ini pernikahan selalu mengundang banyak orang bisa mulai ratusan-ribuan orang. Padahal yang di kenal sama pengantin hanya beberapa orang saja, karena sistem kekerabatan di Indonesia ini begitu terjalin erat makan kita sebagai calon pengantin harus pintar-pintar mengatur keuangan dalam pesta pernikahan.

semakin banyak tamu yang di undang akan semakin banyak cost yang kita keluarkan, jadi mari kita mulai tips yang pertama :

1. Mengklasifikasikan Tamu undangan

tamu yang akan di undang dalam pesta pernikahan tidak ย hanya kerabat yang kita kenal tetapi juga kenalan dari para orang tua kita dan sesepuh kita, jadi sebelum memutuskan membuat berapa banyak undangan anda lebih baik menghitung berapa banyak kenalan anda yang akan di undang dan tanyakan kepada orang tua anda ada berapa orang yang akan mereka undang.

agar lebih menghemat biaya undanglah para kerabat dekat yang pasti anda kenal, dan untuk para sesepuh ni bisa kalian siasati dengan membuat acara keluarga di rumah saja, bisa sebelum akad nikah dan bisa juga setelah pernikahan berlangsung.

Pastikan ini adalah pesta keluarga dan buatlah teman2 anda tidak kecewa dengan memberi tahu mereka jauh-jauh hari bahwa pesta pernikahan anda hanya untuk kerabat dekat saja, pasti mereka juga akan memakluminya ๐Ÿ˜€

Gambar

2. Dekorasi Ruangan

Dekorasi ruangan saat pesta pernikahan merupakan hal penting salin pengantin kenapa? karen a pesta pernikahan tanpa dekorasi yang menawan hanya akan menjadi pesta biasa, tapi dekorasi juga memerlukan uang yang tidak sedikit, untuk menghemat biaya di dekorasi ruangan kita bisamenggunakan konsep Back to Nature.

Konsep ini menggunakan 80% hasil alam mulai dari dekorasi bunga hingga singgasana sang mempelai (heheheh) kita bisa menggunakan dekorasi yang tebuat dari bambu itu harganya tidak begitu mahal, dan menggunakan tempat duduk yang berasal dari bambu pula. itu benar2 back to nature, dengan konsep ini anda bisa menghemat biaya sekitar 30% dari harga dekorasi ruangan yang biasa di gunakan oleh para pengantin laiinya.

Gambar

3. Memimilih harga Discount!

apa pernikahan ada yang diskon??

adalah loh….jangan salah, banyak dari WO yang menawarkan harga khusus apa lagi ni kalo mau menyambut hari-hari tertentu seperti hari wanita dan hari Ibu biasanya para WO memberikan paket dengan harga yang relatif murah di bandingkan harga regular.

paketnya itu sudah kumplit, terdiri dari tempat/gedung, catering, Gaun pernikahan, dan foto dokumenter. jadi sebelum melaksanakan pernikahan lebih baik anda datang ke pameran pernikahan yang biasanya setiap setahun sekali di adakan di pusat kota.

disana para WO sudah menyiapkan paket-paket menarik pesanlah dari jauh hari hingga anda masih bisa memilih WO lain jadi anda masih punya kesempatan untuk meng-cancel ย paket tersebut.

Gambar

4. Meminjam lebih hemat

maksud dari meminjam disini adalah meminjam gaun pengantin, karena gaun pengantin harganya cukup WAW jadi tidak ada salahnya untuk meminjam Gaun pengantin, sudah banyak WO menawarkan jasa peminjaman Gaun pengantin tapi coba deh tanya kerabat sekitar barang kali ada yang gaun pengantinnya seukuran kan bisa minjem buat sehari aja :D.

kalo tidak mau terlalu keliatan minjem anda bisa mengaplikasikannya dengan selendang, pita, bross, atau pernak-pernik laiinya hingga membuat gaun tersebut seperti milik anda sendiri, tapi jangan bilang-bilang loh kalo itu minjem ๐Ÿ˜€

Gambar

5. Pesta pernikahan di out door.

out door wedding party ini sangatlah mempesona dan indah karena kita bisa menyatu dengan alam sekitar, cari lah tempat yang indah masih asri dan jauh dari kota, undang lah kerabat terdekat saja hingga kita tidak memerlukan biaya besar untuk menyewa tempat.

selain itu karen ini out door gaun yang di gunakan pun lebih simple dari pada yang indoor kita bisa menggunakan dress dengan potongan simple dan perhiasan minimalis serta make up natural yang pastinya akan lebih hemat lagi.

untuk dekorasinya out door tidak memerlukan banyak barang cukup ย meja, kursi,sofa, dan

tempat kado pastinya ๐Ÿ˜€

Gambar

okedeh segitu dulu tips nya nanti saya akan lanjutkan lagi ๐Ÿ˜€

semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s