Seberapa Pentingkah Penampilan Anda?


Pertanyaan diatas pernah ditanyakan kepada saya saat mengikuti interview disalah satu perusahaan asing di kota Bandung. Mungkin semua orang akan berrpakaian formal dan rapih saat menghadapi interview, begitu juga dengan saya.

Penampilan adalah cerminan kepribadian anda, di dunia kerja yang selama ini saya tahu penampilan adalah no.1 kenapa? karena dari penampilan seseorang dapat menunjukan kemampuannya dalam bekerja tanapa harus berkata-kata.

Saat saya sekolah Fashion kemarin, guru saya berkata ” Penampilan itu memang mudah untuk dirubah tapi jika kepribadian tidak dapat mengikuti maka penampilannya hanya akan sementara”. Paham dengan yang guru saya katakan?

Saat masih sekolah dulu menggunakan celana jeans dan rok mini memang menjadi keharusan mengikuti mode dan mengganti gaya rambut setiap bulan memang terlihat keren, tpi itu hanya akan menunjukan sifat anda yang masih labil. menemukan style sendiri itu tidak perlu dipaksakan tidak perlu mengikuti artis yang sedang nge-TOP atau pun mengikuti saran para desainer ternama.

Gambar

Ketika anda kuliah / sekolah anda bisa mengeksplorasi gaya anda dalam berpakaian. Bagaimana dengan anda yang sudah bekerja? anda memang masih bisa untuk mencoba trend fashion tetapi tidak akan sebebas ketika anda masih kuliah / sekolah.

Jadi jika penampilan anda sangat penting untuk karir anda saya usulkan anda untuk mengikuti beberapa tips dibawah ini.

  1. Gunakan pakaian yang NYAMAN untuk anda gunakan sepanjang hari, terutama untuk anda yang bekerja di luar ruangan gunakanlah model busana yang simple dan memudahnkan anda untuk bergerak bebas saat bekerja, jangan anda memaksakan untuk memakai baju / pakaian yang terlalu minim agar terlihat sexy atau memakai high heels tinggi untuk menunjang tinggi anda, gunakanlah heels max 8 cm untuk bekerja karena anda akan menggunakan heels lebih dari 8 jam dan itu dapat mengakibatkan varises.Β 
  2. Gunakan baju yang BERSIH dan jangan pernah menggunakan baju kerja untuk kedua kalinya. Walaupun baju kerja anda masih wangi tapi lebih baik anda hanya menggunakannya satu hari saja dan langsung mencucinya. Kebersihan juga bisa menjaga kesehatan anda. Oleh karena itu mari kita budayakan hidup bersih mulai dari pakaian sehari-hari.
  3. Gunakan PARFUM / wewangian untuk menunjang penampilan anda dan jangan sampai salah pilih parfum, karena itu akan fatal, parfum juga akan menunjukan kepribadian anda. Untuk bekerja saya anjurkan untuk memakai wewangian yang soft dan fresh hindari wangi permen / musk yang menyengat karena itu akan mengganggu penampilan anda dan akanmembuat anda terlihat lebih agresif/lebih kekanak-kanakan.
  4. Untuk para wanita gunakan lah make up NATURAL pada pagi dan siang hari, hindari menggunkan Black Smocky eyes pada pagi hari karena itu akan terlihat mencolok dan kurang pas untuk bekerja, Make up minimalis sangat saya anjurkan untuk anda yang bekerja di pagi hingga sore hari. Jika anda bekerja pada malam hari saya anjurkan anda untuk menggunakan make up yang sedikit lebih tebal untuk melindungi kulit muka anda dari angin malam dan polusi pada malam hari, selebihnya anda bisa sesuaikan dengan selera anda.
  5. ini adalah yang terpenting dari ke 4 tips diatas yaitu SENYUM, berbagi senyum akan menunjukan sifat anda yang ramah dan mudah bergaul, dalam dunia kerja anda diwajibkan untuk dapat bersosialisasi dengan suasana kerja yan berbeda setiap harinya dan jika anda bertemu klien SENYUM lah dan buat mereka nyaman saat berbicara dengan anda.

Terima kasih sudah membaca dan Selamat Mencoba πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s