Vanilla (Vaina)


Image

Kali ini saya akan membahas mengenai Vanilla Flavor yang paling saya suka dibandingkan semua flavor yang pernah saya coba.

Saat saya belajar mengenai Pastry saya mendapatkan penjelasan yang sangat jelas dari guru saya saat itu yaitu Chef David Brown.

Mari saya jelaskan sedikit mengenai Vanilla ini, Vanilla atau dalam bahasa spanyol Vaina ini adalah penyedap / Falvor yang berasal dari anggrek genus Vanilla, terutama dari spesies Meksiko, vanili berdaun datar (V. planifolia).

Vanilla adalah bumbu paling mahal kedua setelah kunyit.Tanaman ini tumbuh di daratan Mexico, Madagaskar, dan pulau-pulau barat daya samudra Hindia termasuk Indonesia. Selain untuk kuliner vanilli juga terkenal sebagai Parfum dan Aromateraphy. Salah satu parfum yang paling terkenal dengan wangi vanilla ini berasal dari pulau Bali.

ImageBalinese Vanilla Collection ” Vanilla de Bali” ini adalah salah satu parfum terkenal dengan wangi vanilanya, dengan menggabungkan aroma fresh mint, jasmine dan sweet caramel parfum ini memiliki wangi elegant dan cocok untuk anda yang menyukai ketenangan.

Harganya berkisar $52 tidak begitu mahal dan mudah di dapatkan.

Tetapi Vanilla itu sebenarnya memiliki beberapa jenis. Dari kebanyakan negara yang menghasilkan vanilla Indonesia adalah negara dengan produksi terbesar di dunia (survey 2011).

dibandingkan negara asalnya yaitu Mexico.

ada 4 jenis Vanilla Extract yang terkenal dan banyak digunakan, yaitu :

1. Bourbon vanili atau Bourbon-Madagaskar vanili

dihasilkan dari tanaman V. planifolia diperkenalkan dari Amerika, adalah istilah yang digunakan untuk vanili dari pulau-pulau Samudera Hindia seperti Madagaskar, Komoro, dan Réunion, nama sebelumnya adalah Bourbon Île. Hal ini juga digunakan untuk menggambarkan rasa vanili khas yang berasal dari V. planifolia tumbuh dengan baik di negara-negara tropis seperti India.

2. Vanili Meksiko

terbuat dari asli V. planifolia, diproduksi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dan dipasarkan sebagai vanili dari tanah asalnya. Vanilla dijual di pasar wisata di sekitar Meksiko kadang-kadang tidak ekstrak vanili yang sebenarnya, tetapi dicampur dengan ekstrak kacang tonka, yang berisi coumarin. Kacang tonka ekstrak bau dan rasanya seperti vanili, tapi coumarin telah terbukti menyebabkan kerusakan hati pada hewan laboratorium dan dilarang dalam makanan di Amerika Serikat oleh Food and Drug Administration.

3. Vanilla Tahiti

adalah nama untuk vanili dari Polinesia, dibuat dengan tahitiensis regangan V.. Analisis genetik menunjukkan spesies ini mungkin adalah kultivar dari hybrid-salib V. planifolia dan V. odorata. Spesies diperkenalkan oleh Perancis Laksamana François Alphonse Hameln ke Polinesia Prancis dari Filipina, di mana ia diperkenalkan dari Guatemala oleh perdagangan Galleon Manila.

4. West Indian vanili 

terbuat dari strain pompona V. tumbuh di Karibia dan Amerika Tengah dan Selatan.

Sedangkan Istilah vanili Perancis sering digunakan untuk membuat olahan dengan aroma vanili yang kuat, mengandung biji-bijian vanili dan mungkin juga mengandung telur (terutama kuning telur). Sebutan ini berasal dari gaya Perancis yang membuat es krim vanila menggunakan polong vanili, krim, dan kuning telur. vanili Perancis diambil untuk mengacu pada rasa vanilla-custard.

Sirup yang dicap sebagai vanili Perancis mungkin termasuk puding, karamel atau buttersco.

Banyak sekali makanan yang menggunakan rasa vanilla dan yang paling saya suka adalah ini :

Puding Vanilla, Ice Cream Vanilla, Vanilla Tart dan Vanilla Latte

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s