Persiapan Melangkah Menuju Pernikahan


Assalamualaikum wr.wb

Setelah cukup lama saya fakum dari dunia menulis dikarenakan sakit 😦 akhirnya Alhamdulillah sekarang saya bisa menulis mengenai Persiapan Melangkah Menuju Pernikahan. Kenapa saya mengangkat tema Persiapan Menikah? ini dikarenakan keprihatinan saya kepada kalangan muda yang ingin cepat menikah tanpa persiapan yang cukup, dan ini akan berakibat kepada kelangsungan pernikahan mereka.

Ok langsung saja kepada inti dari pembicaraan, saya akan coba jelaskan satu persatu mengenai persiapan pernikahan yang saya dapatkan dari berbagai sumber :

1. Persiapan Ruhiyah

Persiapan yang pertama adalah persiapan sikap dan mental, kita harus melatih sikap dan mental kita menjadi lebih sabar dan bersyukur, selain itu sikap bertanggung jawab, berbagi, mengendalikan ego, dan berlapang dada juga harus kita latih secara terus menerus. Karena ketika kita berumah tangga nanti kita sudah siap menerima segala ketentuan yang Allah berikan.

2.Persiapan Pengetahuan

Kita harus perbanyak pengetahuan mengenai cara berkomunikasi yang baik kepada pasangan dan ilmu mengenai parenting. Selain itu ilmu mengenai management ekonomi / keuangan juga menjadi penting dalam rumah tangga, dan juga masih banyak ilmu lainnya yang harus kita pelajari untuk memperluas jendela ilmu kita.

3. Persiapan Kesehatan

Untuk kalian yang mempunyai penyakit yang cukup serius teruslah berikhtiyar untuk kesembuhan, dan jika kalian yang masih menebak-nebak lebih baik anda periksa ke dokter, karena lebih cepat diketahui penyakitnya lebih cepat kita bisa mengobatinya. Terutama kesehatan reproduksi sangatlah penting baik untuk wanita maupun pria. Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar, kebersihan makanan,kebersihan pakaian, dan kebersihan daerah pribadi. Jangan hanya dilakukan sebelum pernikahan saja, setelah berumah tangga pun kita harus tetap menjaga kebersihan untuk kesehatan keluarga kecil kita.

4. Perisapan Material

Persiapan yang satu ini biasanya selalu diutamakan dan memang ini yang terpenting. Persiapan mengenai material untuk pernikahan baiknya dilakukan beberapa bulan / tahun sebelum pernikahan, menabung dari penghasilan kerja ataupun usaha yang lain, memang ketika kita menikah nanti orang tua akan membantu keuangan untuk pesta pernikahan, tapi yang harus kalian pahami, persiapan materi yang kalian kumpulkan dalam berbulan- bulan/ bertahun-tahun itu bukan untuk kalian habiskan dalam satu hari. Akan lebih baik jika materi yang kalian kumpulkan itu dibelikan rumah / tempat usaha untuk keberlangsungan rumah tangga kalian kedepan.

5. Persiapan Sosial

Setelah kita menikah status kita akan berubah menjadi suami dan isrti, ketika harus tau cara bertetangga yang baik, kita harus bisa menjaga lisan kita apa lagi mengenai rumah tangga kita sendiri, kita harus belajar bagaimana menjamu tamu pria / wanita yang bukan muhrim kita, dan yang lainnya perbanyaknya pengetahuan mengenai adab dan etika sosial setelah menikah agar keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah . 🙂

Dan sekian penjelasan mengenai persiapan menuju pernikahan , semoga kalian yang akan menikah dan berencana untuk menikah bisa mengambil pelajaran dari tulisan saya ini, terima kasih sudah mampir dan Wassalamualaikum wr.wb

 

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s