1 Cinta dalam 2 Keyakinan


Assalamualaikum wr.wb

kali ini saya akan membahas tema mengenai cinta beda agama, kenapa? karena saya sedang merasakannya. Beberapa minggu lalu saya bertemu dengan seseorang yang mengambil perhatian saya, sedikit demi sedikit perhatian saya berubah menjadi rasa sayang dan kangen,hingga akhirnya bermuara pada kata Cinta.

Dari awal saya sudah mengetahui dia bukanlah seorang muslim, oleh karena itu saya mencoba untuk menahan diri saya untuk mengenal dia lebih dalam akan tetapi seiring berjalannya waktu kami merasakan hal yang sama. Dia adalah orang yang taat pada agamanya, kami sepakat untuk tidak berjalan lebih jauh kearah “Pacaran” bahkan “Menikah” cukup saling menyayangi tanpa harus ada ikatan.

Banyak orang bilang “Gak apa-apa kok pacaran beda agama, asal kita saling toleransi aja” atau “Kita kan tahu Tuhan itu satu yang berbeda itu cuman keyakinan kita aja”. Bahkan ada beberapa teman dekat saya yang sampai menikah walaupun mereka berbeda agama, dan mereka terlihat harmonis. Akan tetapi sebagai seorang muslim kita memiliki aturan yang harus dipatuhi.

Image

Saya akan jelaskan beberapa hal yang saya tahu mengenai perbedaan agama, kita bisa lihat pada ayat ini : Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6).

Pada ayat ke 6 QS Al Kafirun ‘lakum diinukum wa liya diin’ untukmu agamamu, dan untukkulah agama ku disini Ibnu Jarir Ath Thobari menjelaskan “Bagi kalian agama kalian, jangan kalian tinggalkan selamanya karena itulah akhir hidup yang kalian pilih dan kalian sulit melepaskannya, begitu pula kalian akan mati dalam di atas agama tersebut. Sedangkan untukku yang kuanut. Aku pun tidak meninggalkan agamaku selamanya. Karena sejak dahulu sudah diketahui bahwa aku tidak akan berpindah ke agama selain itu.” (Tafsir Ath Thobari, 24: 704).

Tidak diperkenankan seorang muslim berpindah agama hanya karena masalah cinta atau apapun alasannya, orang yang berpindah agama keluar dari Islam itu dinamakan Murtad dalam ayat ini dikatakan Barangsiapa yang murtad di antara kalian dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya”. [Al-Baqarah : 217].

Kembali pada Cinta, orang yang sedang jatuh cinta hatinya akan dipenuhi dengan rasa senang dan bahagia, dan pada kasus ini banyak orang berkata “Kenapa kita dilahirkan pada agama yang berbeda?” atau “Kenapa Tuhan harus mempertemukan kita padahal Dia tahu kita tidak akan mungkin bersama?”. Ya itulah takdir Allah sudah merencanakan semuanya, jangan berfikir Allah itu jahat atau kejam karena Dia mempertemukan kalian dalam keyakinan yang berbeda, apapun yang sudah Dia rencanakan pasti ada hal baik didalamnya.

Kenapa Allah mempertemukan kita? karena Allah ingin menguji keimanan kita, seberapa kuat kita bisa melalui ujian ini? atau apa kita akan kalah? Rasa sayang dan cinta itu adalah anugrah, Allah lah yang bisa membolak-balikan hati seseorang, Dia lah sang pemilik hati Dialah penguasa hati kita. Karena Dia lah kita bisa merasakan yang namanya cinta dan kasih sayang.

Terus bagaimana? kalau sudah terlanjur cinta pada orang yang berbeda agama?

Berdoalah Allah Maha mendengar dan Allah tahu apa yang kita rasakan , doa saya adalah “Ya Allah Engkau lah Tuhan ku, Engkaulah yang mengatur bumi dan segala isinya, Engkaulah yang mengatur pertemuan dan perpisahan , kuatkanlah iman ku untuk selalu berada di jalan Mu,hanya Engkaulah yang bisa membolak-balikan hati ini, Jangan jadikan rasa cinta yang aku rasakan saat ini menjadi jurang kehancuran imanku,pertemukanlah kami di jalan yang Kau ridhai, atau pisahkanlah kami untuk kebaikan kehidupan kami masing-masing”.

Kita hanya bisa berdoa dan berusaha Allah lah yang menentukan hasilnya, dekatkan diri pada Nya setiap kali kita menghadapi masalah, dan jadikan masalah itu tangga untuk meningkatkan keimanan kita. Allah akan memberikan jalan keluarnya , kita tidak perlu berkeluh kesah kepada orang lain, katakan saja langsung kepada pencipta kita  karena Dialah yang mengatur segalanya.ImageWassalamualaikum wr.wb

 

 

One thought on “1 Cinta dalam 2 Keyakinan

Leave a Reply

