Kenalan Dengan MikroTik


MikroTik adalah pacar pertama saya di dunia networking πŸ˜€ . Tepatnya bulan Agustus tahun 2016 lalu, dia berasal dari Riga,Latvia. Lahir pada 1995 usianya sudah 22 tahun πŸ˜€ yeaahh.Ok kita serius sekarang.

MikroTik adalah perusahaanΒ  yang memproduksi Router dan peralatan jaringan lainnya, jadi apa bedanya MikroTik dan Cisco? bukannya Cisco adalah perusahaan yang memproduksi Router dan perangkat jaringan juga? Hal ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya, kita fokus saja dulu dengan pacar pertama saya ini πŸ˜€

MikroTik digunakan untuk membangun jaringan (network) area berskala kecil, seperti LAN (Local Area Network) di kantor, sekolah, warnet, rumah, dll. MikroTik ini dia memiliki software Winbox untuk pengaturan blocking IP dan konfigurasi bandwidth, Winbox adalah software plug and play! mudah digunakan.

winbox-%e2%80%ab%e2%80%ac

Gambar diatas adalah icon dari Winbox, seperti apa isi dari winbox? mari lihat gambar dibawah ini.

winbox

Sebelum masuk kedalam Winbox kita akan diminta untuk memasukan ID dan password, bagaimana cara membuat ID dan password ? biasanya untuk konfigurasi awal pada kolom Login ketik “Admin” dan kosongkan password, anda bisa langsung masuk ke dalam Winbox.

Setelah masuk ke dalam Winbox baru kita akan mulai pusing πŸ˜€

w2

Gambar diatas adalah penampakan dari isi Winbox, ada menu bar dibagian atas , dan dibagian kiri adalah menu untuk konfigurasi router mulai dari konfigurasi IP hingga setting hotspot. Apa konfigurasi router MikroTik itu sulit? itu tergantung kepada niatan anda πŸ˜€ jika anda ingin bisa maka jangan putus asa.

Setelah mengenal Winbox (software), maka kali ini kita kenalan dengan Router (Hardware), bentuknya kotak kecil berwarna putih tapi ada juga yang hitam dengan beberapa Port RJ45 dan port Power, Tulisan MikroTik terlihat dibagian atas case routernya.

besarSetelah mengenal Winbox dan Router sekilas apa anda merasa pusing? Jangan pusing dulu ini belum apa – apa πŸ˜€ Di Indonesia sendiri sudah banyak kantor,restoran,rumah dan sekolah yang menggunakan MikroTik untuk pengaturan jaringan internetnya, tapi kenapa ? bukannya Cisco masuk lebih dahulu ke Indonesia? itu dikarenakan harga router dari MikroTik jauh lebih murah dibandingkan Cisco, dan ekonomis adalah faktor utama di Negara ini bukan?

Cukup sekian perkenalan dengan MikroTik, di artikel berikutnya akan saya jelaskan bagaimana cara konfigurasi router MikroTik dan perbedaannya dengan router Cisco πŸ˜€

Terima Kasih sudah mampir, jangan lupa subscribe untuk artikel menarik lainnya.

eksis dikit ya πŸ˜€ bareng anak-anak penjaga server πŸ˜€

000550

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s