Operasi Pengangkatan FAM


Halo, Assalamualaikum wr,wb.

Akhirnya saya bisa menulis lagi di blog yang sudah mulai berdebu ini, kali ini saya akan membagi pengalaman saya yang baru saja sekitar 2 minggu lalu mengenai oprasi pengangkatan FAM, sebelumnya saya mau jelaskan apa yang dimaksud dengan FAM.

FAM adalah suatu tumor yang terdapat pada payudara dengan konsistensi padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya, yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong, dan berbatas tegas ( Soelarto R, 1995 : 355 ).

Fibroadenoma mammae (FAM), berasal dari fibro = jaringan ikat dan adonema = jaringan kelenjar. Bisa tunggal, beberapa atau dalam bentuk kompleks. Umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Adanya fibroadenoma atau yang biasa dikenal dengan tumor payudara membuat kaum wanita selalu cemas tentang keadaan pada dirinya. Terkadang mereka beranggapan bahwa tumor ini adalah sama dengan kanker. Yang perlu ditekankan adalah kecil kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas. Fibroadenoma ini dapat kita gerakkan dengan mudah karena pada tumor ini terbentuk kapsul sehingga dapat mobil, sehingga sering disebut sebagai ”breast mouse”.

Awal mula saya mendeteksi adanya FAM itu ketika saya melakukan SADARI ( Periksa Payudara Sendiri) saya merasa ada benjolan kecil kenyal di bagian payudara kiri saya, karen rasa khawatir terus menghantui maka saya putuskan untuk memeriksakannya ke dokter pada hari sabtu tanggal 22 april 2017, setalah melakukan pemeriksaan saya dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pada tanggal 26 april 2017 saya baru bisa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut, pada pukul 10 pagi saya menemui dokter di poli bedah, beliau pun memeriksa dan memberi tanda pada benjolan tersebut, dokter berkata untuk di oprasi siang ini juga, jadi tanpa persiapan saya langsung menuju ke laboraturium untuk pengambilan darah dan tes lab lainnya.

tepat pukul 12 saya masuk ke ruang oprasi, sempat berbincang santai dengan dokter sebelum oprasi, saya tidak merasa takut sama sekali karena pelayanan yang ramah tidak membuat saya ketakukan untuk melakukan oprasi ini, dan oprasi berjalan lancar saya tidak tahu berapa lama oprasi itu berlangsung karena saya di bius total, saya sadar sekita pukul 6 sore di hari yang sama.

Karena keadaan saya membaik saya meminta pulang pada jam 10 malam di hari yang sama juga, 2 hari pertama masih berasa efek obat biusnya saya masih setengah sadar dan muntah-muntah terus, pada hari ke 8 jahitan oprasinya di buka ya kira-kira 8 cm , disini baru rasa sakitnya berasa.

saya menulis artikel ini pada tanggal 14 mei 2017, dan saya masih merasakan sakit di area jahitannya, menurut perawat ini hal wajar, mungkin akan berlangsung sampai beberapa bulan kedepan. Besar ukuran FAM yang di angkat itu 4 x 2 x 1,5 cm ini adalah ukuran yang kecil, sebaiknya jika para pembaca juga memiliki FAM lebih baik di angkat saat ukurannya masih kecil karena itu akan meminimalisir luka jahitan oprasinya.

Dan tidak perlu takut FAM bukan lah kanker, tapi bukan berarti orang yang memiliki FAM dapat memakan semua jenis makanan, Dokter menyarankan untuk menghindari junk food, msg, penyedap rasa, soda, dan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, FAM bisa muncul kembali setelah diangkat, bisa di posisi yang sama atau di posisi berbeda, jadi sebaiknya menjaga asupan makanan dan lifestyle untuk menghindari tumbuhnya FAM kembali.

Sepertinya cukup sekian pembahasan saya mengenai Operasi Pengangkatan FAM kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat, biasakan untuk melakukan SADARI setiap hari dan konsultasikan ke dokter jika merasa ada benjolan / keadaan yang tidak normal.

Terima kasih sudah menyempatkan mampir.

3 thoughts on “Operasi Pengangkatan FAM

Leave a Reply

