My Passion – Fashion ( Karir / Career)


Assalamualaikum,

Hello again, kali ini saya akan membahas mengenai karir saya di industri fashion, di artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai pendidikan saya di dunia fashion, jika teman – teman belum membacanya silahkan klik disini .

Awal karir saya di industri fashion dimulai pada tahun 2010, saat itu saya bekerja magang di salah satu desainer busana muslim Indonesia yaitu Toera Imara.

Beliau adalah seorang desainer Indonesia yang sangat kreatif dan mencintai kerajinan lokal, disetiap hasil karya nya beliau selalu menambahkan unsur motif – motif khas dari berbagai daerah di Indonesia, seperti motif khas Kalimantan, motif Khas Sumatra barat dan banyak lainnya.

Selama bekerja dengan beliau saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang tidak saya dapatkan di sekolah, beliau mengajarkan saya untuk berfantasi dengan fashion, selain itu beliau juga mengajarkan saya tentang persiapan apa saja yang dilakukan untuk fashion show dan pemotretan majalah.

Saya bekerja selama 6 bulan dan itu adalah waktu yang sangat menyenangkan dan tidak terlupakan untuk saya, team beliau dari mulai penjahit, pembuat pola dan finishing crew sangat solid dan mereka juga senang sekali untuk berbagi ilmu kepada saya.

Job description saya selama bekerja magang dengan beliau adalah finishing, membuat pola, membuat desain, membuat desain produksi, sebagai assistant designer juga untuk event fashion show, selain itu saya juga menjadi hijab stylist untuk pemotretan majalah dan back stage fashion show juga.

Beliau juga sangat berbaik hati mengizinkan saya membuat baju yang saya desain sendiri menggunakan bahan yang beliau sediakan di rumah produksinya, selama bekerja dengan beliau saya sudah menghadiri 3 kali fashion show bertahap nasional dan 2x pemotretan untuk majalah fashion Indonesia.

Next Selanjutnya

Pada tahun 2012 saya bergabung dengan bisnis fashion yang sudah mamah saya kerjakan dari sebelum saya lahir tepatnya pada tahun 1990, mamah saya memiliki butik yang bernama Greace sebenarnya nama Greace itu saya yang berikan pada tahun 2012, sebelumnya mamah tidak memakai brand, walaupun tidak memakai brand langganannya sudah banyak sekali.

Butiknya khusus untuk pernikahan dan special occasion , bekerjasama juga dengan beberapa wedding organizer . Jadi saya rajin sekali mendatangi event pameran pernikahan di kota Bandung dan sekitarnya, kami membuat kebaya, gaun, samping batik, samping songket dan lainnya.

Beranjak ke tahun 2013 saya berkenalan dengan wanita cantik asal Singapura bernama Sue, singkat cerita kami bekerjasama membentuk brand Ellissa’s Charm di Singapura. Saya berperan sebagai Fashion Designer, saya sangat senang sekali hasil karya saya bisa dipasarkan dan dinikmati oleh pelanggan di luar Indonesia.

Bekerjasama dalam brand Ellissa’s Charm mengajarkan saya lebih luas lagi mengenai fashion, mulai dari memahami keinginan pasar yang berbeda dengan di Indonesia, belajar mengenai business rules fashion, pengiriman antar negara, dan masih banyak lainnya itu tidak akan di dapatkan di sekolah.

Kerjasama kami berlangsung dari tahun 2013 – 2016, setelah itu diawal tahun 2017 saya memutuskan untuk membuat brand saya sendiri yaitu ARTUF. Alhamdulillah saya terpilih menjadi peserta Wirausaha Baru Jawa Barat 2017 dan berkesempatan mengikuti pelatihan intensif dari Kementerian Koprasi & UKM Indonesia pada bulan oktober tahun 2017.

Cukup panjang ya cerita saya tentang karir di fashion industry ini, mulai dari tahun 2010 sampai 2017 dan akan berlanjut terus kedepannya InsyaAllah.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya kali ini mengenai my passion – fashion (career), semoga dari cerita saya diatas bisa menginspirasi teman -teman yang ingin terjun berkarir di fashion industry. Banyak sekali pelajaran penting di luar sekolah, jika kalian gagal sekali maka berusahalah dua kali lebih besar dari kegagalan sebelumnya.

Semangat berkarir semangat berkarya.

KISSES!

Leave a Reply

