29 Hari Recovery


Assalamualaikum,
Selamat datang kebali di blog saya, dan selamat membaca untuk yang baru pertama kali mampir kesini.
Kali ini saya akan cerita tentang recovery saya setelah oprasi pengangkatan FAM, untuk yang belum tau FAM itu apa bisa di click disini.
Sebenarnya saya ingin membuat review recovery setelah saya sembuh total, tapi biasanya suka lupa dan malah jadi ga ditulis.
Saya menulis artikel ini pada hari ke 29 setelah oprasi, saya akan bahas dari mulai obat, pembukaan jahitan, sampai aktivitas saya selama 29 hari kebelakang.

Oprasi pengangkatan FAM adalah oprasi kecil, tapi tetap di bius total dan efek obat biusnya baru hilang setelah 3 hari.
Selama 3 hari awal saya tidak merasakan sakit sama sekali, hanya saja saya merasa pusing dan lemas.
Saya check up setiap 3 hari sekali, dan di hari ke 8 jahitan saya di buka.

Setelah jahitan di buka lukanya masih ditutup perban dan tidak boleh terkena air sampai benar-benar kering.
Saya merasa ada sakit seperti ditusuk jarum di bagian jahitan / luka oprasi secara tiba-tiba dan kemudian cepat hilang.
Setelah berkonsultasi dengan dokter itu adalah hal yang wajar, jadi ya ditahan saja.

Obat yang di konsumsi setelah oprasi adalah obat untuk menghentikan pendaran dan antibiotik khusus, setelah obat ini habis maka dokter memberi obat lain.
Karena hasil jahitannya bagus dan kering saya tidak perlu melanjutkan obat sebelumnya, saya hanya diberi obat antibiotik, vitamin dan penghilang rasa sakit.

Melakukan aktivitas seperti biasa, tapi untuk mengangkat barang atau menggerakan tangan ke atas itu perlu dihindari.
Karena oprasinya berada di bagian gerak jadi ini cukup menyulitkan bagi saya, jangan lupa untuk rajin ganti perban dan meminum obat yang dokter berikan.

Untuk makanan perbanyak makan buah-buahan, saya suka sekali dengan buah apel jadi saya biasakan makan apel 3x sehari.
Kopi dan soda saya hindari sampai waktu yang tidak ditentukan, konsumsi sayur juga setiap harinya.
Ada orang yang setelah oprasi itu dia menjadi kurus dan langsing, tapi ini tidak berlaku untuk saya, karena timbangan saya terus naik hahahahah.

Saya juga sempat mengalami alergi obat yang mengakibatkan ruam merah di sekitar wajah, tapi setelah obat itu diganti oleh dokter alerginya hilang.
Selama 29 hari ini, saya tidak diam dan tidur terus sepanjang hari, saya masih tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.
Mulai dari belajar, membuat desain baju, produksi, mengunjungi seminar, olahraga, memasak , dll.
Hanya saja waktunya sebentar, jika dirasa mulai lelah saya langsung istirahat.

Saya juga masih bisa bermain Need For Speed hehehe, walaupun dokter menganjurkan untuk rawat jalan selama 3 bulan, saya yakin jika saya bisa sembuh lebih cepat.
Saya percaya pikiran yang positif akan mempercepat penyembuhan, jika berasa sakit disyukuri saja karena rasa sakitnya hanya sedikit dan sebentar.
Masih banyak orang lain yang memiliki penyakit lebih parah dari kita, lebih sakit dari yang kita rasa.
Sakit itu adalah pengugur dosa, perbanyak doa dan ibadah.

Untuk artikel saya kali ini dicukupkan saja, insya Allah saya akan membuat review selanjutnya setelah saya 100% sembuh.
Terima kasih banyak sudah mampir, semoga share saya kali ini bisa bermanfaat.

Wassalamualaikum.

Leave a Reply

