Pintar Dalam Belanja Online


Siapa yang kecanduan belanja online?

Saya adalah salah satunya, saya aktif berbelanja via online mulai dari tahun 2013, alasan utamanya adalah praktis (alias gak repot) tinggal klik barang diantar kerumah, ga usah capek2 keluar rumah dan ngantri di kasir.

Tapi saya tidak selalu merasa Happy belanja via online, saya pernah kena tipu barang palsu, warna barang yang jauh berbeda dari gambar, barang tidak dikirim, keadaan barang saat diterima rusak, ketika minta ganti barang alasannya banyak,pengiriman yang lama banget,ongkir yang mahal,dan banyak lainnya.

Dengan menjamurnya online shopping di Indonesia dengan beragam kelebihan dan kekurangannya kita sebagai pembeli harus pintar dan berhati-hati dalam traksaksi ini. Jangan tergoda diskon besar dan harga murah yang gak masuk akal, pastinya itu barang kurang bagus (walaupun tidak semua barang diskonan itu jelek).

Saya setia pada salah satu aplikasi online shopping yaitu Lazada, tau kan ya? Online shopping terbesar di ASEAN katanya. Disini saya akan berikan tips and trick bagaimana caranya belanja pintar di online market place .

1. Beli di Official Store

Setiap Online Market Place pasti ada Official Store dari beberapa brand besar di Indonesia, contohnya Unilever, Maybelline, Nivea, Sharp, Samsung dan masih banyak lagi. Kenapa harus beli di Official Store? karena barangnya dijamin original dan berkualitas bagus.

Memang banyak sekali yang menjual barang dengan harga murah bahkan sangat murah dari brand – brand terkenal tapi saya sangat tidak menyarankan untuk membeli barang seperti itu, Dibanyak kesempatan Official Store sering juga mengadakan diskon jadi sering – sering lah di cek apps atau websitenya untuk mendapatkan harga terbaik.

2. Baca Reviewnya!

Sebelum membeli barang luangkan waktu untuk membaca review yang sudah ditulis oleh buyer lainnya, karena review ini sangatlah penting, jika review nya baik beli aja tapi jika review nya kurang baik bahkan cenderung jelek jangan dibeli. Walaupun harganya murah banget dan fotonya bagus, gak mau rugi kan? maka pintar lah dalam berbelanja.

3. Perhatikan Ongkos Kirimnya

Dulu di Lazada ongkir itu gratis ke beberapa kota besar di Indonesia, tapi sekarang harus bayar jika pembelian dibawah Rp.100.000 (perseller) ,dan itu hanya untuk 1kg pertama . Dear Lazada balik lagi seperti dulu please (curhat 😅).

Tidak semua seller berlokasi di Jakarta, mereka tersebar dimana-mana bahkan ada juga seller dari luar negri, semakin jauh jarak seller dengan anda maka akan semakin mahal ongkirnya. Jika anda ingin membeli lebih dari 2 produk jika ingin ongkirnya murah pastikan anda membeli di seller yang sama, tapi jika produk tersebut berada di 2 seller yang berbeda maka lebih baik anda luangkan waktu untuk mencari seller yang menjual ke 2 barang yang anda inginkan, tapi jika memang tidak ada maka pilih seller dengan lokasi yang paling dekat dengan anda, sehingga anda bisa menekan biaya untuk ongkirnya.

4. Rajinlah Chat Dengan Costumer Service

Chatnya disini tanyakan perihal pengiriman, pengembalian barang, garansi dan lainnya bukan chat minta nomor pribadi ya 😋 , sesuai dengan pengalaman saya di Lazada barang akan cepat dikirim dan jelas keberadaannya jika kita tanyakan langsung kepada CS nya, bukan hanya perihal pengiriman barang tapi bisa juga menanyakan perihal pengembalian barang jika tidak sesuai .

Biasanya setelah chat dengan CS kita akan dikirimi email untuk mengisi survey kepuasan konsumen perihal CS, mohon untuk diisi ya karena ini akan membantu mereka meningkatkan kualitas CS nya, sebentar saja ga sampe 3 menit, jangan marah-marah di komen perihal CS tapi tidak mau ikut serta untuk mengisi survey, oke kakak!

5. Membandingkan Harga

Jika anda ada waktu untuk main ke Mall atau supermarket jangan lupa survey harga barang yang ingin anda beli, bandingkan harga yang tertera di Apps / Website dengan harga yang ada di Mall/supermarket, jika harga di Online Market Place + ongkirnya lebih murah dari Mall/ supermarket silahkan untuk membeli via online, tetapi jika harganya lebih mahal maka beli lah barang yang ada di Mall/supermarket jika barang yang anda beli di Mall/supermarket berukuran besar seperti barang elektronik dan furnitur jangan bingung karena di beberapa Mall/Supermarket mereka menyediakan service Home Delivery gratis!

6. Tulis Review Ya!

Jila barang sudah diterima dan setelah di cek barangnya berfungsi dengan baik jangan lupa untuk menulis review, kalau barangnya kurang bagus? ya jangan lupa juga ditulis karena review kita akan membantu buyer lain dan Online Market Place itu sendiri untuk mengontrol seller nakal yang jual barang palsu.

Kalau sibuk banget dan ga sempet nulis review kasih bintang saja sesuai dengan barang yang diterima 😉

7. Bayar Pakai Kartu Kredit?

Siapa yang suka bayar pakai kartu kredit? hal satu ini selalu menggoda ya , apalagi biasanya untuk pembelian smartphone ada cicilan 0%, hmmmm…..

Saran saya jika anda bisa membayar cicilannya dengan lancar setiap bulannya silahkan gunakan kartu kredit, tapi jika anda kesulitan untuk membayar setiap jatuh tempo lebih baik dihindari, ingat perbedaan kebutuhan dan keinginan.

8. Cash On Delivery (COD)

Jika belanja di Lazada ada banyak seller yang menggunakan metoda penbayaran COD, sebagai buyer saya pasti memilih metoda ini, untuk menghindari penipuan dan kenyamanan dalam berbelanja. Tapi jika tidak bisa COD perhatikan rating sellernya jika memang dapat dipercaya dan reviewnya bagus silahkan bayar dengan metoda transfer. Simpan struk transaksinya untuk bukti, jika via m-banking jangan lupa di screenshoot ya.

9. Belanja Sesuai Kebutuhan

Kalau lagi Harbonas (Hari Belanja Online Nasional) itu biasanya kalap karena diskonya besar. Setelah dibeli ternyata tidak butuh juga dan akhirnya dikasihin ke teman atau saudara, sebagai wanita saya juga tidak tahan dengan godaan diskon seperti itu tapi bagaimana cara mengatasinya?

Tulis,tulis tulis….. buat daftar barang yang memang benar-benar harus dibeli karena butuh bukan pengen. Jika ada barang yang ingin dibeli tetapi tidak ada di daftar 1 atau 2 bolehlah, tapi jangan lebih.

Tips dan Trick diatas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika ada yang tidak sama dengan pengalaman anda saya mohon maaf dan saya sangat berharap untuk masukannya. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat dan membatu anda untuk berbelanja online lebih baik lagi dan lebih bijak lagi.

Jika tulisan saya bermanfaat mohon di share nya 😘😍 Terima Kasih Banyak..!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s